Informasi Menarik Sehat & Cantik

Manfaat Bersin & Bahaya Menahan Bersin

Manfaat Bersih Dan Bahaya Menahan Bersin - Kita sudah sudah tau pasti apa itu bersin, namun apa yang akan kita bahas kali ini merupakan hal yang mungkin hanya sebagian orang saja yang mengetahuinya, yaitu manfaat bersin dan juga bahaya dari menahan bersin.

Bersin merupakan suatu reaksi alami tubuh dengan cara menghembuskan udara oleh paru paru melewati saluran pernapasan dan di keluarkan melewati hidung. Udara yang keluar tersebut membawa jutaan pastikel kecil berupa cairan basah atau juga ingus bersamaan dengan bakteri atau virus penyakit.

Bersin sering di kait - kaitkan dengan influenza (flu) dan juga batuk namun sebagian juga terjadi karena adanya gangguan pada pernapasan seperti penyakit pada penapasan. Meskipun sebenarnya seseorang yang tidak memiliki penyakit atau gangguan dengan pernapasan pun juga bisa mengalami bersin apa kapan saja karena beberapa penyebab seperti alergi atau adanya gangguan seperti benda asing pada saluran pernapasan.

Manfaat Bersin & Bahaya Menahan Bersin

Jadi, apakah sebenarnya manfaat dari bersin untuk tubuh kita? Dan juga, apa iya menahan bersin itu berbahaya? Kita akan membahas kedua pertanyaan tersebut dengan mengeluarkan beberapa penjalasan di bawah ini.

MANFAAT BERSIN

. Membersihkan hidung dan melegakan pernapasan

Jika kita sedang mengalamai flu atau pilek ada kemungkinan bagi kita untuk mengalami bersin. Hal ini terjadi tentu karena reaksi tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan khususnya pada bagian rongga hidung. Sehingga rongga hidung kita akan menjadi lebih bersih dan pernapasan menjadi lega atau lancar. Oleh karena itu juga, di anjurkan bagi kita yang sedang dalam kondisi flu atau pilek untuk menggunakan maker atau sapu tangan untuk menutupi mulut serta hidung pada saat bersin agar semua virus serta pastikel bersin yang keluar dari hidung tidak menyebar di udara dan menjangkin tubuh lainnya.

. Mengeluarkan ribuan virus dan bakteri (pertahanan alami tubuh)

Pada saat kita bersin, dari rongga hidung kita akan di keluarkan jutaan partikel kecil termasuk cairan basah atau ingus dan juga bakteri serta virus penyebab penyakit. Virus serrta bakteri yang di keluarkan berasal dari dalam tubuh dan merupakan suatu yang menguntungkan bagi tubuh kita. Karena itu bersin bisa juga di sebut sebagai pertahan alami oleh tubuh kita.

. Meringankan gejala pusing (akibat pilek/hidung tersumbat)

Pada saat kita pilek dan mnegalami hidung tersumbat hal demikian sering terjadi bersamaan dengan rasa pusing di kepala khsusnya di bagian kening. Di mana rasa sakit tersebut biasanya akan bisa sedikit berkurang setelah kita mengalami bersin dan juga membersihkan rongga hidung atau pernapasan sekaligus juga mengatasi hidung tersumbat.

. Merestart tubuh

Mungkin sedikit membingungkan untuk kita apa itu yang di maksud dengan merestart tubuh. Jadi penjelasannya adalah pada saat kita mengalami bersin seluruh otot yang ada di wajah kita akan menengang dan pada saat bersamaan pula detak jantung kita berhenti berdenyut dan segera normal kembali setelah bersin berakhir atau selesai.

BAHAYA MENAHAN BERSIN

Tidak alasan penting bagi kita untuk menhana bersin, keculai bagi sebagian orang yang mungkin malu karena sedang berada di tempat umum atau keramaian.

Namun, hal yang lebih penting dari itu adalah sudah taukah kita apa saja bahaya dari menahan bersin. Berikut ulasannya.

Ada beberapa hal gawat yang bisa terjadi atau risiko jika kita menahan bersin atau sering menahan bersin.

o. Mimisan atau hidung berdarah
o. Pecahnya gendang telinga
o. Terjadi gangguan pada pendengaran
o. Vertigo
o. Risiko mengalami emfisema atau terlepasnya retina
o. patahnya tulang rawan pada hidung

Jadi, sebisa mungkin bagi kita untuk tidak menahan bersin jika kita mengetahui banyaknya risiko yang kemungkinan bisa terjadi jika kita terlalu sering menahan bersin. Untuk antisipasi kita bisa menggunakan sapu tangan atau juga tisu yang bisa kita gunakan untuk menutup mulut serta hidung pada saat akan bersin.

Itu dia informasi kita kali ini yang membahas tentang apa manfaat bersin dan juga bahaya menahan bersin. Semoga informasi tersebut bisa menjadi wawasan lebih bagi kita, bisa bermanfaat baik dan juga berguna bagi kita semua. Sekian dan selamat mencoba..!
Tag : kesehatan
Back To Top