Informasi Menarik Sehat & Cantik

10 Manfaat Memijat Kepala untuk Rambut dan Kulit Kepala

Manfaat Pijat Kepala - Kali ini kita akan membahas tentang manfaat dari memijat kepala yang ternyata sangat baik untuk pertumbuhan rambut kita, di mana jika avtifitas ini di lakukan secara rutin akan sangat berpengaruh baik pada kondisi rambut. Jadi bagi kita yang mungkin penasaran apa saja manfaat dari memijat kepala berikut ulasan lengkapnya untuk kita semua.

10 Manfaat Memijat Kepala untuk Rambut dan Kulit Kepala

Memijat kepala adalah sebuah terapi yang biasanya di lakukan dengan tujuan untuk kesehatan. Namun dalam dunia kecantikan sendiri, memijat kepala secara rutin memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi rambut, yaitu :
  • Memperkuat batang rambut dan mencegah rambut patah.
  • Memperkuat akar rambut dan mencegah rambut rontok dari akarnya.
  • Mempercepat pertumbuhan rambut.
  • Mengurangi ketombe pada kulit kepala.
  • Melembabkan rambut dan mendukung produksi sebum atau minyak alami pada rambut.
  • Membantu penyerapan nutrisi oleh rambut.
  • Menjaga rambut tetap sehat dan berkilau.
  • Mencegah kebotakan.
  • Melancarkan aliran darah pada kepala.
  • Relaksasi.

Pijat rambut atau pijat kepala juga sering kita jumpai saat kita melakukan perawatan rambut di salon salon kecantikan pada saat creambath misalnya. Tujuan dari pijatan tersebut selain untuk membuat rileks kepala kita masih banyak lagi manfaat manfaat lainnya yang belum kita ketahui.

Manfaat Memijat Kepala Untuk Rambut

1. Cara alami menumbuhkan rambut

Manfaat yang pertama dari pijat pada kepala yaitu dapat menumbuhkan rambut. Pijat kepala yang di lakukan secara rutin yaitu minimal 2 kali dalam seminggu mampu menstimulasi pertumbuhan rambut menjadi lebih cepat dan rambut yang tumbuh pun akan menjadi lebih sehat.

2. Mencegah rambut rontok

Aktivitas memijiat rambut yang di lakukan secara rutin, juga akan berpengaruh baik pada kekuatan rambut. Kegaiatan ini mampu membuat akar rambut menjadi lebih kuat dan pada akhirnya dapat secara efektif mencegah terjadinya kerontokan pada rambut.

3. Menguatkan tekstur rambut

Pijat kepala yang di lakukan secara rutin mampu membperkuat tektur atau batang rambut sehingga akan menjadi lebih kuat dan tidak mudah patah atau rusak.

4. Rambut lebih cepat panjang

Seperti yang di katakan sebelumnya, pijatan lembut pada kepala juga sangat berpengaruh pada pertumbuhan rambut. Kegiatan ini mampu menstimulasi pertumbuhan rambut lebih cepat. Rambut akan lebih cepat panjang dengan pertumbuhan yang sehat dan kuat.

5. Mengurangi ketombe

Selain baik untuk pertumbuhan rambut, pijatan pada kepala juga sangat bermanfaat untuk mencegah timbulnya ketombe pada kulit kepala. Sehingga kepala akan lebih sehat serta bersih dan bebas ketombe.

6. Memperkuat folikel rambut

Folikel rambut merupakan struktur kulit yang merupakan tempat dari tumbuhnya rambut, pada bagian ini juga terdapat kelenjar sebasea yang fungsinya memproduksi sebum. Pijat kepala yang di lakukan secara rutin akan memperkuat folikel rambut serta memperbaiki produksi minyak pada kulit kepala yang kering. Sehingga rambut akan lebih sehat dan juga terhindar dari berbagai masalah yang bisa timbul pada rambut.

7. Menjaga kilau alami rambut

Memijat kepala secara ruitn juga mampu membuat batang rambut menjadi lebih sehat dan lebih berkilau. Cara ini juga sangat baik bagi kita yang memiliki rambut kering dan kusam. Seperti yang telah di sebutkan di atas, kegiatan memijat pada rambut mampu memperbaiki produksi minyak alami pada rambut sehingga rambut akan lebih sehat bersinar.

8. Membantu penyerapan nutrisi

Memijat kepala juga memiliki fungsi yang tujuannya untuk membantu penyerapan nutrisi pada rambut. Di mana untuk cara yang biasanya di lakukan adalah memijat rambut dengan minyak atau memijat rambut sebelum keramas.

9. Melancarkan sirkulasi darah

Memijat kepala dapat memperbaiki serta memperlancar sirkulasi darah pada kepala, sehingga kulit kepala akan menjadi lebih sehat. Sirkulasi darah yang lancar juga berpengaruh pada pertumbuhan rambut yang akan lebih cepat dan juga sehat.

10. Relaksasi

Kegiatan memijat kepala juga sangat baik untuk merelaksasi kepala baik rambut ataupun kulit kepala kita. Memijat rambut secara perlahan dan lembut mampu menurunkan ketegangan pada kepala serta memperlancar aliran darah pada kepala.

Tips Memijat Kepala Yang Baik

1. Rutin

Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, kita harus melakukan pijat kepala secara rutin yaitu minimal 2 kali dalam seminggu.

2. Gunakan minyak alami

Memijat rambut juga bisa kita lakukan dengan menggunakan minyak alami seperti minyak zaitun atau jojoba. Minyak ini mampu membuat kulit kepala serta rambut menjadi lebih sehat, dan juga rambut akan terasa lebih lembut dan tidak kering.

3. Lakukan sebelum keramas

Memijat kepala sangat baik jika kita lakukan sebelum keramas. Selain memperoleh berbagai macam manfaat seperti yang telah di sebutkan di atas, kegiatan memijat rambut sebelum keramas yaitu dapat membuat rambut lebih mudah di bersihkan secara sempurna. Selain itu, kegiatan memijat kepala dapat memperbaiki produksi minyak alami, di mana hal ini sangat mmbantu untuk mencegah rambut menjadi kering setelah keramas.


Itu dia informasi kita kali ini yaitu manfaat dari memijat kepala untuk rambut serta kulit kepala. Semoga informasi tersebut bisa berguna dan juga bermanfaat baik untuk kita semua. Sekian dan selamat mencoba..!
Tag : kecantikan
Back To Top