Informasi Menarik Sehat & Cantik

5 Manfaat & Fungsi Foundation saat Merias Wajah/Make Up

Manfaat dan fungsi foundation - Foundation atau yang juga di sebut dengan alas bedak merupakan salah satu jenis kosmetik yang sangat penting untuk di ikutkan dalam merias wajah atau make up. Seperti namanya "alas bedak", foundation di gunakan sebelum mengaplikasikan bedak pada wajah. Lalu apa saja fungsi dan juga manfaatnya?

Salah satu manfaat utama dari menggunakan foundation atau alas bedak adalah agar hasil make up lebih sempurna serta tahan lama. Namun, selain itu, masih banyak lagi manfaat serta fungsi dari jenis kosmetik yang satu ini seperti dapat mencerahkan dan meratakan warna kulit, membuat make up atau riasan lebih tahan lama, melembabkan kulit dan masih banyak lagi. Informasi lengkapnya, berikut di bawah ini.

5 Manfaat & Fungsi Foundation saat Merias Wajah/Make Up

Tips menggunakan foundation atau alas bedak saat merias wajah/make up

Dalam ber-make up atau merias wajah tentu kita butuh keterampilan serta kejelian dalam menggunakan dan memilih jenis kosmetik yang nantinya akan kita pakai, termasuk untuk penggunaan foundation atau alas bedak. Ada beberapa hal penting yang harus kita cermati dalam menggunakan alas bedak, dan beberapa di antaranya yaitu :

1. Pilihlah jenis foundation yang sesuai dan cocok

Ada beberapa jenis foundation dengan karakteristik serta bentuk yang berbeda yaitu foundation dalam bentuk powder, cair, stick serta oil-free. Perhatikan jenis kulit untuk mmilih serta menggunakan jenis foundation yang sesuai, misalnya untuk jenis kulit yang berminyak kita bisa memilih untuk menggunakan jenis foundation berbentuk stick dengan hasil yang lebih mate (kesat bebas minyak). Sedangkan untuk jenis kulit yang kering kita bisa menggunakan jenis faoundation dengan karakteristik cair agar wajah terasa lebih lembab.

2. Gunakan pelembab sebelum foundation

Maksud serta tujuan dari menggunakan pelembab terlebih dahulu sebelum menggunakan foundation yaitu selain agar kulit lebih lembab, hal ini juga akan memperngaruhi pada hasil setelah menggunakan foundation di mana foundation akan lebih sempurna menempel di kulit, hasilnya lebih rata serta tidak mengumpal dan tidak membuat kulit kering.

3. Warna sesuai serta tidak berlebihan

Hal selanjutnya yang juga penting untuk kita perhatikan dalam menggunakan foundation adalah kesesuaian warna kulit dengan warna foundation yang kita pakai. Selain itu pastikan foundation kita gunakan dengan benar, merata serta tidak berlebihan agar tidak terkesan seperti menggunakan topeng.

4. Bersihkan wajah setelah menggunakan make up

Selalu menjaga keersihan wajah setelah menggunakan make up atau riasan wajah. Hal ini bertujuan agar kulit kita selalu bersih atau lebih tepatnya lagi agar semua jenis kosmetik yang kita gunakan tidak menyumbat kulit serta menyebabkan masalah yang bisa timbul pada kulit. Kegiatan ini utamanya kita lakukan setelah oenggunaan make up selesai seperti di malam hari sebelum tidur.

Manfaat Menggunakan foundation atau alas bedak

1. Meratakan warna kulit

Foundation atau alas bedak berguna untuk meratakan warna kulit, serta membuat kulit menjadi lebih bersih, lebih halus, noda hitam tersamarkan.

2. Mencerahkan warna kulit

Tujuan dari penggunaan foundation yaitu tidak lain untuk mencerahkan warna kulit agar hasil make up lebih sempurna dan wajah akan terlihat lebih bersih dan cantik.

3. Make up yang sempurna

Penggunaan foundation merupakan hal yang wajib untuk mendapatlan hasil make up yang sempurna. Hal ini juga berkaitan di mana dengan menggunakan foundation sebelum berias akan membuat bedak serta jenis make up lainnya dapat menempel dengan sempurna.

4. Make up tahan lama

Fondation juga banyak di gunakan untuk membuat riasan atau hasil make up d wajah lebih tahan lama. Sehingga riasan yang ada pada wajah kita akan lebih stay on lebih lama dan tidak mudah rusak atau luntur utamanya untuk jenis waterproof.

5. Melindungi kulit

seperti halnya tabir surya atau SPF, penggunaan foundation juga berfungsi sebagai pelindung bagi kulit dari berbagai efek buruk sinar matahari serta polusi di mana pemakaian produk ini mampu melapisi permukaan kulit sehingga lebih aman dan terlindungi dari sinar mataahri layaknya tabir surya.

Bahaya dari penggunaan foundation

Foundation umunya terbuat dari berbagai komposisi bahan kimia seperti misalnya mineral oil. Di mana kandungan tersebut sama sekali tidak baik untuk kulit serta penggunaan yang berlebihan akan berpotensi pada tersumbatnya pori pori kulit dan dapat menyebabkan timbulnya berbagai maslaah kulit seperti kulit kasar, komedo bahkan jerawat. Jadi, sebisa mungkin untuk mengatur agar penggunaan foundation bisa kita lakukan sesuai dan secukupnya saja.

Itu dia informasi menarik kita kali ini yaitu mengenai apa saja manfaat serta fungsi dari menggunakan foundation atau alas bedak saat ber-make up. Semoga informasi tersebut bisa sangat berguna dan juga mampu memberikan manfaat yang baik untuk kita semua. Sekian dan selamat mencoba..!
Tag : kecantikan
Back To Top